h1

Bekatul Makanan Populer

Desember 4, 2007

Pada tahun 50-an bekatul menjadi makanan popular dikalangan petani dan penduduk pedesan di Indonesia. Bila petani mau memulai tanam padi atau mau mengerjakan pekerjaan di sawah, makanan Jenang Bekatul adalah makanan yang disuguhkan pertama di pagi hari. Jenang Bekatul bukan kayak Jenang Garut yang dibuat dari tepung ketan, tapi sebenarnya kayak bubur atau tajin (jawa). Bekatul yang sudah disaring halus dicampur dengan sedikit menir kemudian dimasak seperti bubur. Setelah dituang diatas piring kemudian ditaburi gula kelapa. Ketika jenang bekatul ini masih hangat itulah para petani menyantapnya dengan nikmat. Selanjutnya mereka rame-rame berangkat ke sawah.

Ketika petani memupuk tanaman padinya dengan pupuk kandang. Ketika mengolah lahannya masih pakai kerbau atau sapi. Ketika petani menumbuk padi dengan alu. Bekatul masih menjadi makanan popular, karena murah dan selalu siap setiap saat untuk dikonsumsi. Mereka belum menyadari betul manfaat yang terkandung dalam bekatul. Sebagian hanya tahu manfaat bekatul sebagai penyembuh penyakit Biri-biri, karena banyak mengandung vitamin B1. Selebihnya hanya merasakan bahwa bekatul bisa menambah ketahanan tubuh mereka selama bekerja di sawah, tidak cepet capek, tahan penyakit dan murah serta tersedia dengan melimpah.

Setelah terjadi modernisasi pengeloaan pertanian di pedesaan (jawa), maka bekatul mulai kurang populer, bahkan sudah banyak petani saat ini yang belum pernah merasakan jenang bekatul. Kita lebih mengenal bekatul sebagai makanan ternak. Hampir semua peternak memberikan makanan ternaknya dengan bekatul. Generasi petani yang lahir tahun 90-an lebih mengenal bekatul sebagai makanan ternak. Inilah modernisasi yang telah membawa dampak positif dan negatifnya. Hasil penelitian beberapa ilmuwan saat ini menunjukkan manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Sementara kita mengenalnya sebagai makanan ternak. Ternaknya makin sehat sementara petaninya makin loyo, begitu barangkali…dan kita sudah tak kenal apa itu bekatul. Makanya baca terus blog ini. He..3x

Iklan

3 komentar

  1. Selamat datang di blog bekatul, siapa tahu bermanfaat untuk anda


  2. betul sekali pak!!
    saya jg taunya bekatul itu makanan ternak
    ternyata banyak manfaatnya toh..


  3. #dyan
    he he.. akhirnya datang juga. cobalah biar sehat



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: